Pengertian Lengkap Tentang Teknologi

Pengertian Lengkap Tentang Teknologi

Konten [Tampil]


Pengertian Lengkap Tentang Teknologi

Istilah yang tersusun dari dua kata Yunani yaitu " tekne " yang berarti teknik, seni dan " pondok " yang memberikan terjemahan tentang keterampilan, yaitu teknik atau keterampilan sesuatu atau tentang sesuatu, dari masa lalu manusia. mereka telah mencari dan menemukan berbagai pengetahuan yang telah memberi mereka pengalaman yang menuntun mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka. Teknologi pertama kali didefinisikan oleh Jacob Bigelow pada tahun 1829 sebagai: "... prinsip, proses, dan tata nama dari seni paling terkenal, terutama yang melibatkan aplikasi sains , dan yang dapat dianggap berguna, mempromosikan manfaat masyarakat, bersama dengan gaji dari mereka yang menganiaya mereka ".

Pena adalah salah satu teknologi pertama yang memudahkan manusia untuk menulis dan mengingat pikirannya. Teknologi itu ditingkatkan dengan perkembangan mesin cetak. Perangkat ini memfasilitasi produksi massal dari kata-kata tertulis, memungkinkan setiap orang untuk berbagi informasi mereka dengan orang lain.


Oleh karena itu, teknologi mewakili seperangkat pengetahuan yang dengannya manusia mengembangkan lingkungan yang lebih baik, lebih sehat, lebih menyenangkan, dan yang terpenting nyaman untuk optimalisasi kehidupan. Teknologi tersebut menggabungkan teknik perbaikan suatu ruang dengan berbagai revolusi yang muncul dalam beberapa abad terakhir, khususnya berbicara tentang revolusi industri , ditandai dengan sebelum dan sesudah dalam teknologi, langkah kerja tangan. merupakan pekerjaan serial yang dihasilkan oleh mesin berbasis uap yang digerakkan oleh beberapa jenis perkakas dan sabuk pengangkut, sehingga mengembangkan bahan baku dalam jumlah yang lebih banyak, anggaran yang lebih baik, dan kualitas yang sangat baik.


Penting untuk disoroti fakta bahwa teknologi selalu ada sejak manusia berawal sebagai pengembara yang sederhana. Pria primitif menggunakan alat improvisasi yang mereka gunakan untuk bertahan hidup di ruang berisiko tinggi. Seiring perkembangan bahasa manusia, teknologi yang semata-mata untuk keperluan merawat keluarga, disesuaikan dengan individu hingga menjadi surga teknologi yang layak huni dan nyaman dalam segala hal. Teknologi ini juga diterapkan untuk meningkatkan produksi massal yang sempat booming di awal abad ke-20, berkat pengusaha seperti Ransom Olds (pencipta jalur perakitan) dan Henry Ford., yang menginovasi jalur perakitan. Teknologi bisa sangat ketat dengan ekonomi perusahaan karena dalam pandangan mesin yang dimilikinya, produk akhirnya akan tergantung.

Ringkasan dan apa itu teknologi


Kesimpulannya, Teknologi adalah sekumpulan teknik dan pengetahuan yang bila diterapkan secara tertib dan logis oleh manusia, membuatnya belajar, menganalisis, memperbaiki dan mempertimbangkan alternatif terbaik untuk dapat memiliki kehidupan yang lebih penuh , aman dan damai, yang sedang bergerak, dalam inovasi, dalam evolusi lengkap, merevolusi industri yang berbeda di seluruh dunia, mulai dari perbaikan kehidupan sehari-hari, seperti yang rumit seperti dalam kasus teknik, komputasi, fisika, komunikasi dan karena itu dalam kesehatan, karena dalam bidang kedokteran ini pencapaian mereka dalam hal metode penyelamatan hidup telah meningkat pesat.


Ada ilmu yang bertugas mempelajari dan meningkatkan kualitas fisik, mikrobiologis dan kimiawi pangan, yaitu Teknologi Pangan . Ilmu ini bertanggung jawab atas perilaku, komposisi, dan sifat makanan di tempat produksinya, hingga kualitasnya diverifikasi untuk dijual dan dikonsumsi. Dari sudut pandang kimia dan biologis, makanan adalah topik yang sulit.


Teknisi dan ilmuwan pangan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa ini disiapkan dalam kondisi optimal , bergizi, sehat dan dengan kondisi kualitas yang disyaratkan oleh konsumen, untuk alasan ini merupakan ilmu yang terkait dengan disiplin ilmu lain seperti fisika, biokimia dan kimia, serta manajemen lingkungan dan rekayasa proses.


Jenis teknologi


Saat ini dan berkat evolusi yang dialami dunia teknologi, berbagai jenis teknologi telah muncul:


Teknologi Fleksibel


Teknologi fleksibel pada dasarnya adalah berbagai jenis teknologi yang telah disesuaikan dengan " cetakan " dan umumnya tidak dapat dipecahkan sehingga sangat menarik. Meskipun gagasan tentang teknologi fleksibel tampak seperti sebuah konsep, belakangan ini telah menyebar ke sejumlah besar produk.


Dunia ekonomi saat ini sering digambarkan semakin tidak pasti dan berfluktuasi. Bisnis menghadapi banyak ketidakpastian, seperti perubahan selera konsumen, perubahan mendadak dalam harga input tertentu, atau inovasi teknologi. Menghadapi dunia yang tidak pasti ini, fleksibilitas dihadirkan sebagai salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu perusahaan atau bahkan sebagai salah satu syarat kelangsungan hidup mereka . Oleh karena itu, perusahaan harus memperoleh teknologi yang lebih fleksibel dan organisasi internal agar tetap kompetitif. Pencarian akan fleksibilitas ini didukung oleh kemunculan, mulai tahun 1970-an, teknologi baru yang sangat otomatis, yang disebut sistem manufaktur fleksibel (FMS).


Teknologi Lunak


Teknologi lunak adalah teknologi yang mengacu pada konsep maju organisasi, administrasi dan pemasaran. Teknologi lunak mencakup bidang pengambilan keputusan, pengembangan strategi, dan pelatihan manusia. Produk teknologi maju tidak berwujud dan tidak memungkinkan tujuan administrasi untuk mencapai institusi dan organisasi.

Prioritas dari soft technology adalah meningkatkan penggunaan bahan baku dan produksi, pengolahan dan sistem pengawetan; pengembangan tanaman pangan dan pangan yang fungsional dan aman; penggunaan limbah dari perikanan dan budidaya dan spesies yang kurang dimanfaatkan; kualitas dan keterlacakan bahan mentah dan makanan di seluruh rantai makanan; teknologi lunak dan pengendalian proses; teknologi pangan canggih dan sistem pengemasan; peningkatan teknologi tradisional; pengendalian kualitas dan jaminan kualitas, termasuk pengembangan metode untuk mengukur kualitas.


Teknologi Dura


Teknologi keras adalah komponen berwujud yang dapat dibeli dan dirakit menjadi sistem teknologi bantu. Mereka mencakup semuanya mulai dari batang sederhana hingga komputer dan perangkat lunak. Karakteristiknya harus sejalan dengan teknologi saat ini, selalu dari sudut pandang ekologis dan sejalan dengan standar keselamatan dan efisiensi yang disyaratkan oleh kehidupan modern. Di masa lalu, mereka tidak selalu berpegang pada poin-poin ini, bahkan sejujurnya, banyak teknologi yang bahkan tidak memenuhi mereka saat ini.


Jadi, teknologi keras harus inovatif jika memperkenalkan kebaruan dan kreativitas, dalam pasar yang sudah sangat kompetitif dan menuntut, ini akan menjadi keuntungan besar. Ini adalah teknologi lunak yang memungkinkan orang yang sebelumnya terlatih untuk berinovasi dalam teknologi keras. Misalnya, mereka yang memperkenalkan rel kereta api saat mengangkut barang pasti telah berinovasi dan menaklukkan mereka yang menggunakan kendaraan yang ditarik kuda untuk tujuan ini; setidaknya dalam transportasi regional.


Peralatan Teknologi


Teknologi peralatan harus dipahami sebagai seperangkat aturan, prosedur , keterampilan, dan pengetahuan empiris yang diterapkan pada produksi, penggunaan, dan pemeliharaan mesin. Teknologi peralatan mencakup prosedur teknologi yang digunakan dalam industri manufaktur, penelitian, atau pengembangan yang berbeda. Ini juga mencakup alat secara keseluruhan, serta proses dan pengetahuan yang digunakan untuk melakukan serangkaian pekerjaan teknologi.


Operasi Teknologi


Itu adalah hasil evolusi dalam waktu lama. Pengetahuan adalah hasil observasi dan eksperimen selama bertahun-tahun dalam proses produksi . Dalam jenis teknologi ini, dampak dari peralatan dan teknologi proses adalah umum, itulah mengapa kadang-kadang dianggap sebagai campuran kondisi teknologi.


Teknologi Produk


Ini adalah pengetahuan tentang karakteristik dan spesifikasi produk atau layanan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan proses manufaktur dan pasar. Teknologi khusus untuk pembuatan produk / layanan, metode, prosedur, spesifikasi desain, bahan, standar, dan personel. Ini adalah tubuh pengetahuan dan pengalaman yang memungkinkan untuk mengetahui struktur, sifat dan karakteristik fungsional suatu produk.

Produksi produk skala besar tidak hadir secara langsung. Misalnya, Anda bisa membuat mobil atau menghasilkan listrik. Mobil dibuat dengan menggunakan robot mekanik, yang merupakan teknologi yang sangat maju.


Teknologi Bersih


Dia kemudian menyebut teknologi, yang menggunakan sumber daya secara logis, menghindari menyebabkan pencemaran lingkungan. Telah dilaporkan bahwa teknologi memungkinkan pengelolaan sumber daya, menghindari produksi polutan, serta pengelolaan sumber daya yang sama (terbarukan dan tidak terbarukan), lebih disukai menggunakan alternatif energi tanpa polutan, dari energi angin, energi matahari, dll., untuk mencari keamanan, pengurangan limbah dan kemungkinan dilepaskan ke lingkungan.


Teknologi bersih adalah teknologi ekologi, yang bertujuan untuk menghindari polusi dan mengawetkan energi yang dikonsumsi, tidak seperti teknologi tradisional yang menimbulkan dampak pencemaran yang besar terhadap lingkungan.


Tujuan Teknologi Bersih


Jenis teknologi ini memiliki empat tujuan khusus yaitu:


  • Mengurangi polusi yang dihasilkan oleh industri tradisional, menetapkan tujuan limbah industri.

  • Perbarui teknologi lingkungan untuk proses industri, optimalkan sirkuit produksi.

  • Dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, mencapai globalisasi industri, menetapkan generalisasi tentang budaya teknologi bersih.

  • Reintegrasi produksi berdasarkan ekologi lokal, kegiatan produktif secara logis kembali ke wilayah fisik tertentu.


Ada inovasi teknologi yang tujuan utamanya adalah meningkatkan hubungan antara manusia dan dampak tindakannya terhadap lingkungan. Berikut beberapa contoh teknologi bersih:


  • Desain lampu dengan kandungan merkuri rendah atau tanpa merkuri.

  • Komputer dengan prosesor bebas timah.

  • Lemari es tanpa Chlorofluorocarbons berbahaya bagi lingkungan.

  • Jendela pintar, dalam hal ini tingkat warna (dilapisi pada kaca) dapat diubah melalui sakelar atau pengatur. Teknologi ini mati sendiri, sehingga mengatur suhu dan menghemat energi.

  • Tanaman berbentuk pilar yang disebut pertanian vertikal.

  • Pemurni air.


Metode Teknologi


Metode Teknologi adalah yang digunakan sebagai instrumen dan alat dalam pembuatan artefak. Teknologi, pada umumnya, menggunakan metode ilmiah yang berbeda, metode ini diterapkan tergantung pada apakah itu produksi artefak industri, atau teknologi artisanal dan teknologi penyediaan layanan seperti layanan pasokan listrik, fasilitas ini kompleks dan posisi personel terlatih.


Teknologi industri adalah penerapan teknologi pada industri yaitu ilmu di mana penelitian, inovasi dan pengembangan prosedur diterapkan, serta penggunaan alat dan perangkat secara tertib dan logis untuk transformasi input barang dan jasa. Teknologi industri dapat mengacu pada faktor-faktor yang terlibat dalam pembuatan suatu produk, di mana serangkaian prosedur dan instrumen berpartisipasi.


Teknologi industri merupakan turunan dari teknologi artisanal, seiring dengan perkembangan industri, kemajuan dan sistematisasi ilmu pengetahuan, penerapan kaidah-kaidah keilmuan dan teknis mengakibatkan munculnya mesin-mesin yang mengembangkan pekerjaan secara lebih efisien dan lebih cepat. Agar mesin dapat menggantikan manusia, sejumlah prinsip ilmiah harus dikembangkan yang menghasilkan munculnya listrik dan termodinamika. Mesin pertama menggunakan uap untuk pengoperasiannya, namun mereka menemukan prinsip yang menandai evolusi mereka.


Kemajuan Utama dalam Teknologi


Kemajuan teknologi tidak hanya memungkinkan penurunan yang signifikan dalam biaya produksi, transportasi dan komunikasi, tetapi juga memfasilitasi pertumbuhan proses produksi, menyebabkan banyak barang dan jasa yang tidak dapat diakses secara teknologi dan akibatnya tidak dapat diakses. diperdagangkan, memiliki pertumbuhan di seluruh dunia berkat kemajuan teknologi, yang sejalan dengan integrasi ekonomi yang telah menentukan perubahan struktural utama.


Teknologi sangat erat kaitannya dengan pembangunan dan solusi atas masalah yang dialami umat manusia.


Saat ini, penelitian dan studi teknologi sedang dilakukan tentang cara membalikkan kelumpuhan pada seseorang. Dalam kasus ini, kemajuan sedang dibuat pada cedera tulang belakang . Dalam upaya teknologi untuk mendapatkan kembali mobilitas, keterampilan dan indera implan koklea untuk penderita gangguan pendengaran. Eksperimen dilakukan untuk membalikkan kebutaan dengan menggunakan token pada mata untuk memulihkan ingatan dan menyembuhkan penyakit Alzheimer.


Kemajuan teknologi ditunjukkan melalui berita - berita teknologi yang dimuat setiap hari baik di pers tertulis maupun di jejaring sosial, contoh:


Seniman visual Italia Davide Quayola, dalam keinginannya untuk menemukan, menciptakan kembali patung Laocoon melalui robot dan teknik animasinya.


Fitbit mempersembahkan jam tangan pintar Ionic barunya , beberapa fiturnya adalah: Versa dan gelang Charge-nya yang dibuat oleh Adidas, jam tangan dengan bingkai yang didesain dari aluminium, layar sentuh Gorilla Glass 3 dan dengan kecerahan 1000 nits dan dengan delapan sensor. Dengan built-in GPS, sensor detak jantung dan dapat terendam hingga kedalaman 50 meter.


DJI meluncurkan drone kamera Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom, yang menonjol untuk kamera yang mereka kembangkan, duel otonomi hingga 31 menit dan sistem yang diperbarui dengan transmisi nirkabel yang stabil.


Robot pembantu untuk pekerjaan rumah tangga, disebut Temin dan bekerja dengan kecerdasan buatan, dengan sensor dan kamera untuk menghindari tersandung rintangan, tidak memiliki lengan tetapi dapat melakukan berbagai tugas rumah tangga.


Manusia dalam pencarian yang konstan dan tak kenal lelah untuk mengetahui secara rasional fenomena alam dan segala sesuatu yang mengelilinginya, telah membawanya, sepanjang sejarahnya, pada penelitian ilmiah dan hasilnya adalah sains. Motivasinya untuk mengetahui dan ingin mengubah dunia di sekitarnya, untuk memenuhi kebutuhannya, keinginan manusia untuk membangun membimbingnya ke teknologi, menghasilkan barang dan jasa yang membuat hidupnya lebih mudah. Karena itulah iptek sangat erat kaitannya sebagai aktivitas manusia dalam perkembangan peradaban.


Teknologi pada Hewan


Teknologi telah menjadi sekutu dalam perjuangan untuk menghentikan hilangnya spesies karena kepunahan, akibat pesatnya degradasi dan keanekaragaman hayati.


Degradasi habitat, perdagangan ilegal spesies, perubahan iklim, dan konflik antarmanusia yang terus-menerus, adalah beberapa penyebab tingginya jumlah hewan yang terancam punah. Berbagai LSM serta lembaga telah mengembangkan proyek untuk menghentikan situasi yang tidak menguntungkan ini, dan teknologi menjadi bagian dari pekerjaan penting ini.


Contohnya adalah karya Parque Reunidos Foundation, yang memiliki proyek teknologi penting di kebun binatang Madrid untuk menyelamatkan anjing laut biarawan dan mohor gazelle.

Proyek ini terdiri dari pengujian kerah frekuensi radio pada anjing laut yang hidup di kebun binatang, dengan cara ini mereka dapat mengetahui apakah radio bekerja dengan benar atau tidak dan bagaimana mereka harus menempatkannya pada segel Cabo Blanco, Mauritania, dengan cara ini telah tercapai meningkatkan populasi hewan ini dari 100 menjadi 300 dalam waktu kurang dari 20 tahun.


Dalam kasus burung, mereka adalah spesies yang paling menderita dari penurunan keanekaragaman hayati, dalam kasus Spanyol telah berkurang 58% dalam 40 tahun terakhir, Kementerian Pertanian dan Perikanan dalam kombinasi dengan Komunitas Otonom telah mengatur untuk mengurangi dan menghindari kematian spesies, seperti elang Iberia dan burung hering berjanggut, yang keduanya berada dalam bahaya kepunahan.


Teknologi dan evolusinya telah memungkinkan burung-burung ini untuk dilengkapi dengan pemancar GPS dengan teknologi GSM, dengan perangkat ini situasi burung diketahui hampir seketika dan dengan cara ini dimungkinkan untuk mengurangi kematian, karena mereka bertindak segera jika terjadi Mereka terluka dan bahkan dapat mendeteksi jika mereka tertarik pada umpan ilegal dan diracuni.


Untuk apa teknologi?


Sepanjang sejarahnya, manusia telah mencari cara untuk memuaskan kebutuhannya , untuk itulah teknologi itu, dengan penerapan pengetahuan, gagasan, dan tekniknya yang diterapkan secara logis, memfasilitasi elaborasi artefak, perkakas, dan alat yang memungkinkan manusia setiap hari memodifikasi dan meningkatkan lingkungan tempat ia berkembang.


Teknologi telah menjadi sekutu manusia dalam pembangunan kota yang lebih baik, komunikasi yang lebih baik, dan lebih tertib. Berkat teknologi, bentuk perpindahan jarak jauh dan komunikasi langsung antar manusia telah berkembang.


Teknologi digunakan dalam berbagai konteks masyarakat, rumah, sekolah, industri, gereja, umat manusia sepenuhnya bergantung pada teknologi, kemajuan dan penemuannya yang diperlukan setiap hari untuk memecahkan masalah dan ketidaktahuan mereka.


Teknologi saat ini mencakup hampir semua aspek yang diperlukan untuk kehidupan seperti layanan, pekerjaan, seni, kenyamanan, perdagangan , hiruk pikuk, hiburan, obat-obatan, komunikasi, makanan, dan banyak lagi.


Teknologi meningkatkan dan meningkatkan produksi dalam industri, sehingga mengurangi jumlah karyawan yang banyak, menciptakan lebih banyak barang dagangan dan dalam kondisi yang lebih baik, seperti barang dan jasa dan untuk penjualan.

Pengetahuan yang lebih baik diciptakan melalui teknologi, ada berbagai kearifan dan teknik, serta artefak dan perangkat yang diciptakan dari hari ke hari dan telah berkontribusi pada manusia untuk memperoleh pengetahuan baru tentang dunia tempat tinggalnya.


Teknologi sangat erat kaitannya dengan kesehatan, di satu sisi memberikan kontribusi dengan pengetahuan teknologi yang memungkinkan hidup sehat, atau melalui penyembuhan penyakit , infeksi dan penyakit, dengan penerapan teknologi canggih dalam pembuatan obat dan obat baru. perangkat yang meningkatkan kesehatan, memperbaiki kondisi yang disebabkan oleh kecelakaan, dengan kata lain, teknologi berkontribusi pada kehidupan yang lebih baik dan lebih lama.


Dengan menerapkan teknologi dalam pendidikan, maka memudahkan komunikasi dan pembelajaran, misalnya melalui kemajuan teknis seperti internet, memungkinkan komunikasi langsung dengan hampir semua belahan dunia, serta memperoleh pengetahuan dengan cara yang mudah dan mudah. cepat, dari komputer atau ponsel.


Berkenaan dengan waktu luang dan kesenangan, teknologi telah menciptakan berbagai perangkat dengan pendekatan ini, untuk memungkinkan gangguan dan kenyamanan. Contohnya adalah perangkat untuk menonton video, mendengarkan musik, serta video game yang dirancang untuk mengalihkan pikiran dari kehidupan sehari-hari.


Tidak mungkin memisahkan teknologi dari makanan sehari-hari manusia, teknik dan pengetahuannya diperlukan untuk produksi pertanian dan peternakan, serta untuk transformasi dan perubahan yang diperlukan untuk produksi pangan.


Masyarakat diserang oleh teknologi untuk masa depan , ia berkembang setiap hari dengan inovasi yang berlangsung selama beberapa dekade dan pada titik tertentu mereka tidak lagi menjadi bagian dari fiksi ilmiah seperti yang dapat dibayangkan manusia. Hanya beberapa dekade yang lalu, orang tidak dapat membayangkan bahwa mereka akan memiliki sesuatu yang mendasar dan senyaman telepon genggam (telepon seluler), yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dari mana pun mereka berada.


Sudah ada mobil hybrid, alas kaki yang menghitung langkah-langkah dan lain-lain untuk digunakan di musim dingin karena menjaga kaki tetap hangat, selain itu ada proyek seperti pakaian pintar, mobil terintegrasi, realitas virtual tingkat tinggi dan lensa mata bionik.


Manfaat teknologi


Teknologi memberikan banyak sekali manfaat bagi umat manusia di antaranya adalah:


  • Ini memfasilitasi tugas harian dan sulit.

  • Komunikasi telah meningkat melalui perangkat yang sangat baik.

  • Teknologi memungkinkan terciptanya proyek pada skala berbeda yang memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir dan merekayasa.

  • Anda belajar menggunakan listrik dengan cara yang lebih aman.

  • Benda dibuat dengan bahan yang dapat didaur ulang.

  • Ini memfasilitasi komunikasi dengan orang-orang yang jauh, melalui panggilan atau panggilan video.

  • Ini memungkinkan interaksi antara orang-orang, melalui video game , aplikasi seluler, dan jejaring sosial.

  • Konstruksi dan evolusi mesin membantu memenuhi kebutuhan manusia.

  • Hindari penggundulan hutan, karena ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kegunaan yang baik dari kayu yang harus diberikan.

  • Itu dapat menyelamatkan hidup jika terjadi penyakit atau kecelakaan.

  • Ini menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk tetap up-to-date dan dapat memesan keuangan, karena melalui internet Anda dapat melakukan transaksi perbankan dari rumah atau di mana pun Anda berada.

  • Ini memungkinkan otomatisasi perusahaan, karena memungkinkan mereka untuk mengelola area tertentu melalui aplikasi perangkat lunak, seperti akuntansi dan penjualan.


Pentingnya Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari


Kemajuan teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari manusia, lingkungan tempat berkembang setiap saat, teknologi hadir untuk membuat hidup mereka lebih mudah dan menyenangkan. Negara-negara besar di dunia telah menjadi wadah besar dari ciptaan teknologi paling maju dan tentu saja mereka adalah yang paling maju sejauh menyangkut subjek ini.


Teknologi baru telah menciptakan model pelatihan baru yang dibingkai dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat. Perjalanan melalui komunikasi telah membuka kemungkinan terjadinya interaksi, keberagaman dalam dukungan informasi dan pembelajaran mandiri.


Berkat teknologi dan aplikasinya, standar hidup telah meningkat, seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam pemenuhan kebutuhan. Dalam pendidikan, seorang siswa dengan menggunakan komputer dapat meneliti, melaksanakan pekerjaan, dokumen online menggunakan web dan dengan cara ini menjadi lebih efisien dan produktif. Seseorang yang gemar membaca dan tanpa kemampuan ekonomi untuk memperoleh sebuah buku , melalui internet dapat mengunduh isinya, ia hanya perlu memiliki tablet, smartphone atau komputer dan dapat memenuhi keinginan tersebut.


Kebutuhan akan komunikasi telah menjadikan ponsel (ponsel) sebagai alat yang sangat penting, teknologinya maju setiap hari, mereka memungkinkan komunikasi dari mana saja di dunia dan selain itu, ia memiliki fitur hiburan, permainan, dan aplikasi baru.


Dalam hal kesehatan, teknologi telah menyediakan alat dan aset yang hebat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah penyakit. Kemajuan teknologi dalam bidang pembedahan, analisis klinis, dan pengobatan umum.


Mengapa Teknologi muncul?


Teknologi muncul karena kebutuhan bahwa manusia harus memenuhi kebutuhannya dengan cara yang lebih mudah dan sederhana, yaitu melakukan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat dan dengan cara yang tidak terlalu berat.


Banyak teknologi yang pada mulanya disebut teknik, seperti pertanian dan peternakan yang muncul dari trial and error, kemudian melalui ilmu pengetahuan mereka di teknikan menjadi teknologi.


Karena pertumbuhan ekonomi dan pengaruhnya terhadap masyarakat, banyak perangkat teknologi bermunculan yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.


Teknologi yang sedang berkembang


Teknologi yang sedang berkembang, juga disebut teknologi konvergen, adalah inovasi yang dapat menciptakan industri baru atau transformasi ke industri yang sudah ada, untuk mengelola operasi dan logistik secara lebih efisien, menawarkan berbagai peluang di pasar, memberikan insentif untuk melaksanakan yang baru. investasi berisiko.


Meskipun ada yang meyakini manfaat perubahan teknologi karena melihat teknologi jenis ini sebagai harapan besar untuk memperbaiki kondisi manusia, namun ada beberapa kritikus dan penggiat transhumanisme yang menganggap bahwa perubahan tersebut bisa berbahaya. , dan bahkan ancaman, bagi kelangsungan hidup umat manusia.


Di antara teknologi baru yang paling menarik minat para ahli adalah:


  • Obat yang dipersonalisasi : Mereka adalah alat untuk diagnosis lanjutan dan dirancang untuk adaptasi obat sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap pasien, sedemikian rupa sehingga gejala penyakit dapat dideteksi dan kemungkinan tertular dapat diukur. Beberapa alat diagnostik yang sangat canggih sudah digunakan untuk kanker saat ini. Kemoterapi telah dihindari pada jenis kanker payudara tertentu. Mereka juga dapat digunakan dalam diagnosis masalah otak seperti Parkinson, autisme dan Alzheimer.

  • Pencetakan logam 3D : Pencetakan bahan 3D dengan pengecualian plastik merupakan proses yang sangat memakan waktu dan sangat mahal. Desktop Metas telah dibuat, menurut penciptanya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan 100 saat mencetak bagian logam. Perusahaan lain termasuk General Electric telah mengumumkan versi beta dari printer ini yang dapat digunakan di penerbangan, industri luar angkasa, industri motor, minyak dan gas.

  • Embrio buatan : Di University of Cambridge di Inggris, ahli embriologi sedang mengembangkan embrio tikus dari sel induk. Mereka menciptakan embrio tanpa telur atau sperma, hanya dengan sel yang diambil dari embrio lain. Sperma dan telur dibuat di laboratorium dari kulit sel induk, ini akan memungkinkan reproduksi pada wanita dari segala usia, orang tidak subur dan pasangan sesama jenis. Dari sudut pandang sosial, teknologi ini dapat memiliki konsekuensi revolusioner seperti seorang wanita dapat memiliki anak berapapun usianya.


Perbedaan antara teknik dan teknologi


Teknik adalah prosedur yang harus diikuti untuk mencapai proyek atau tujuan tertentu. Prosedur ini harus terdiri dari aturan, langkah dan protokol yang harus dipatuhi agar proyek berhasil. Di sisi lain, teknologi adalah pengetahuan teknis dan ilmiah yang, jika dijalankan dengan benar, memungkinkan penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan umat manusia.


Teknologi informasi dan komunikasi


Teknologi informasi dan komunikasi, juga dikenal sebagai TIK, adalah serangkaian teknologi yang dibuat untuk menjalankan informasi dan mengirimkannya dari satu tempat ke tempat lain. Mereka mencakup berbagai solusi yang mencakup teknologi untuk menyimpan data dan mengambilnya bila diperlukan, mengirim dan menerima informasi dari berbagai situs dan memproses informasi untuk penghitungan hasil dan persiapan laporan.


Perencanaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi suatu organisasi merupakan pekerjaan yang sulit dan kompleks, untuk itu Anda harus memiliki dasar yang kokoh dalam penerapan konsep dan pengetahuan di bidang sistem informasi dan ilmu komputer, serta keterampilan dalam manajemen personalia.


Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi alat yang sangat penting bagi siswa, karena mereka dapat memanfaatkan arus besar informasi yang disediakan jaringan sosial, di luar penggunaan umum mereka.


Keunggulan Teknologi ini


  • Ini memungkinkan siswa belajar jarak jauh dan interaktif.

  • Cara penyiapan karya pun beragam.

  • Diskusi dan interaksi dengan siswa lain melalui jaringan.



Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Lebih baru Lebih lama
close