Gunakan Kunyit Untuk Menyeduh Kopi Agar Kaya Akan Antioksidan

Resep membuat kopi kunyit yang kaya akan antioksidan

Konten [Tampil]

 

Gunakan Kunyit Untuk Menyeduh Kopi Agar Kaya Akan Antioksidan
Ilustrasi kopi | Gambar : Pixabay

Berita.hikamfajri.my.id - Kopi racikan kayu manis atau jahe sudah sangat umum, bagaimana dengan kopi racikan kunyit? Minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi.


Kopi dan kunyit memiliki ciri khas masing-masing dan sudah terkenal. Namun jika keduanya digabungkan akan berdampak lebih baik bagi kesehatan.


Dalam sebuah unggahan Instagram, dr. Herbalis Zaidul Akbar bahkan menganjurkan minum kopi dan kunyit secara bersamaan. Jika digunakan secara kombinasi, kopi dan kunyit akan menghasilkan senyawa organik asam caffeic atau asam kafein.


Dokter yang dikenal dengan terapi "Gaya Kesehatan Nabi" itu menjelaskan bahwa asam caffeic merupakan senyawa organik dan antioksidan yang kuat. Senyawa ini secara alami dapat ditemukan di berbagai tumbuhan.


Zaidul Akbar mengatakan beberapa tanaman yang mengandung asam caffeic adalah kopi dan kunyit. Secara garis besar, kandungan antioksidan pada asam caffeic mampu secara efektif mengurangi peradangan, anti kanker dan anti virus.


Berikut uraian tentang kopi kunyit dan kandungan asam caffeicnya.


1. Asam caffeic disebut antioksidan

Zaidul Akbar menulis dalam unggahan Instagram beberapa waktu lalu: "Caffeic acid adalah polifenol, mikronutrien yang dikenal dengan sifat antioksidannya. Nutrisi ini dikatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk anti inflamasi, Sifat anti kanker dan anti virus. "


Senyawa ini dapat membantu meningkatkan kinerja atlet dan dianggap penting bagi kesehatan manusia.


Selain sebagai antioksidan, asam caffeic juga memiliki sifat anti inflamasi. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi ini membuat asam kafein menjadi nutrisi yang populer di kalangan ahli gizi.


2. Kopi dan kunyit merupakan sumber asam caffeic


Sumber asam caffeic yang paling umum dalam makanan manusia adalah kopi. Senyawa ini juga ditemukan pada sayuran, buah-buahan, jamu dan jenis jamu tertentu.

“Beberapa contoh makanan yang mengandung asam caffeic antara lain kopi dan kunyit. Terlepas dari namanya, asam caffeic tidak ada hubungannya dengan kafein.” Zaidul Akbar.



3. Tetap sehat dan cegah kanker

Konsumsi asam caffeic secara teratur dapat melindungi dari radikal bebas. Jika radikal bebas ini tidak diblok akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dalam jangka panjang.



"Ini pada gilirannya dapat menyebabkan peradangan, penyakit jantung, dan bahkan kanker."


Dalam bukunya, asam caffeic bernama Zaidul Akbar juga dipercaya dapat mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan mencegah toksisitas terkait kemoterapi dan radiasi.


Dia berkata: "Itu juga dapat mencegah diabetes, penuaan dini, penyakit Parkinson dan penyakit neurodegeneratif lainnya, sehingga dapat mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan olahraga."


4. Resep kopi kunyit 


Resep Kopi Kunyit
Foto: instagram Dr. Zaidul Akbar



Zaidul Akbar membagikan resep kopi kunyit yang bisa dikonsumsi secara rutin sebagai sumber asam caffeic. Anda bisa mencampurkannya ke dalam minuman harian Anda.


bahan



5 cm kunyit, haluskan

1 sendok teh kopi bubuk tanpa pemanis

100ml air panas (untuk pencampuran)

Perasa gula aren


Bagaimana cara melakukannya


1. Haluskan kunyit dengan 40ml air panas dan saring

2. Seduh kopi bubuk dengan 40ml air panas dan saring

3. Campur kunyit dan gula aren secukupnya, aduk rata

4. Kemudian campur kopi dan cairan kunyit, aduk rata. layanan.


5. Sumber alami asam caffeic

Selain kopi dan kunyit, Anda juga bisa mengonsumsi banyak sumber asam caffeic lainnya melalui menu makanan harian Anda. Cobalah makan buah, sayur atau minum kopi secara teratur.


Anda bisa mendapatkan asam caffeic dari apel dan stroberi. Sayuran yang kaya asam caffeic termasuk brokoli, lobak dan kangkung.


Pada saat yang sama, dari herbal dan rempah-rempah, Anda bisa mendapatkan banyak kunyit, timi, kayu manis, kemangi, dan oregano. Senyawa tersebut juga diketahui terdapat pada minyak zaitun, biji bunga matahari dan berbagai jenis jamur.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Lebih baru Lebih lama