Penjahat Cyber Tampan Yang Paling dicari di Dunia

Penjahat Cyber Tampan Yang Paling dicari di Dunia

Konten [Tampil]

Penjahat Cyber Tampan Yang Paling dicari di Dunia
Penjahat Cyber Paling Dicari di Dunia Maxim Yakubets (Foto: New York Post)

 


Berita.hikamfajri.my.id - Dalam berbagai kasus kejahatan dunia maya, penjahat ini paling dicari. Ia dianggap bertanggung jawab atas kasus Garmin dan berbagai kasus lainnya.



Namanya adalah Maxim Yakubets. Dalam foto FBI, dia terlihat seperti orang baik, bahkan tampan, namun dia adalah ketua dari grup kejahatan dunia maya bernama Evil Corp.


Kasus terakhir adalah penutupan layanan jam tangan pintar Garmin pada Juli 2020. Setelah Evil Corp. menggunakan serangan ransomware WastedLocker, ransomware menutup platform data latihan pengguna Garmin.



Garmin mengakui ada masalah dengan pengoperasiannya. Namun menurut New York Post, seperti terlihat pada Minggu (29/11/2020), belum ada kepastian resmi apakah Yakubets itu otaknya.


Tapi dia pasti dikejar oleh pihak berwenang di Amerika dan Inggris Raya. Sejak 2009, FBI telah memburunya dalam beberapa kesempatan. Ini termasuk malware finansial yang memiliki banyak korban dalam dua program peretasan.


Yakubets juga pada Desember 2019. Dia mencuri detail bank dan mentransfer uang dari banyak bank, perusahaan, dan pemerintah daerah di Amerika. Itu adalah tuduhan Departemen Kehakiman AS.


Senjata Yakubets adalah malware Zeus yang telah diretas menjadi uang korban US $ 70 juta dari berbagai negara sejak tahun 2009. Yakubets juga memiliki malware Dridex, yang telah kehilangan ratusan juta pound menurut Badan Investigasi Kriminal Nasional Inggris.



Yakubets diyakini telah bekerja untuk badan intelijen Rusia dari Dinas Keamanan Federal pada 2017. Kementerian Luar Negeri AS memberikan penghargaan $ 5 juta kepada seseorang yang dapat membantu menangkap Yakubets.


Tetap saja, dia sangat sulit ditangkap. Bahkan Yakubets masih bisa membanggakan video Lamborghini yang mewah. Dia juga memiliki pernikahan mewah senilai 300.000. Dolar dengan cantiknya Alyona Bernderska di Moskow pada 2017, menurut media Inggris The Sun dan Radio Free Europe.


Sepertinya Yakubets banyak akal dan banyak pelindung di Rusia. Atau, entah di mana dia sekarang, tidak ada aparat penegak hukum di luar sana yang bisa menyentuh pelaku cybercrime ini.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

أحدث أقدم