Resep Membuat Tahu Gejrot Beserta Kuahnya

Resep Membuat Tahu Gejrot Beserta Kuahnya dan cara memilih tahu gejrot terbaik

Konten [Tampil]

 

Resep Membuat Tahu Gejrot Beserta Kuahnya

Tahu gejrot merupakan salah satu jajanan favorit yang berbahan dasar tahu yang berasal dari kota Cirebon jawa barat. Umumnya tahu gejrot disajikan dengan bumbu dengan rasa manis-pedas yang bisa diatur dengan bebas.


Tahu gejrot terbuat dari tahu, sejenis tahu yang dihaluskan dengan air garam agar rasanya lebih pedas dibanding tahu lainnya. Bumbunya terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kecap, dan gula merah.


Tahu pong sendiri merupakan tahu dengan kekentalan yang sangat khas, yaitu tahu tidak sekokoh tahu lainnya tetapi memiliki lubang di bagian tengahnya. Di sinilah nama Tahu Pong alias Tahu kopong/kosong ini terbuat.


Di Semarang, tahu-pong mulai terkenal pada tahun 1930. Pusat Kebudayaan Tionghoa juga menyatakan bahwa kata “pong” dalam masakan ini memiliki dua arti, yaitu dalam bahasa Jawa “pong” artinya kosong, sedangkan dalam bahasa Mandarin pong berasal dari kata “phong” yang artinya gelembung. Dapat disimpulkan bahwa tahu pong adalah tahu yang berlubang dan dapat mengembang saat digoreng.


Munculnya berbagai jajanan modern tidak menghilangkan jajanan lokal seperti Tahu Gejrot. Pasalnya, saat ini banyak orang yang mulai tertarik untuk menjadikan tahu gejrot ini sebagai peluang bisnis.


Hal tersebut terlihat dari banyaknya kuliner tahu yang mulai bermunculan di pinggir jalan dan selalu terlihat ramai. Apalagi di siang hari, banyak orang mengantre di setiap penjaja tahu gejrot.


Tahu gejrot biasanya disajikan di atas piring seperti lesung tanah liat dengan tusuk kecil. Tongkat kecil ini berfungsi sebagai pengganti sendok atau garpu yang bisa Anda masukkan ke dalam tahu untuk nanti.


Asal Muasal Nama Tahu Gejrot


Ngomong-ngomong, kenapa tahu olahan ini disebut Tahu Gejrot?


Menurut seorang sumber salah satu pedagang tahu gejrot, menjelaskan mengapa disebut tahu gejrot, “karena ketika dituangi sambal dari botolnya, kita tahu bunyi“ gejrot-gejrot ”, makanya disebut tahu gejrot”.


Nah, buat kamu yang sering membeli tahu gejrot di luar dan ingin membuat tahu gejrot sendiri di rumah, yuk simak dan pelajari resep tahu buatan sendiri berikut ini.


KOMPONEN YANG PERLU ANDA KETAHUI:


Tahu pong atau tahu Sumedang sebanyak 15 buah


BAHAN KUAH BUMBU:


  • 200 ml air matang

  • Gula merah sisir 2 sdm

  • 1 sendok teh kecap manis

  • 2 sendok makan air asam jawa

  • Garam sebagai penyedap rasa


BUMBU ULEG KASAR:


  • 3 siung bawang merah

  • 1 siung bawang putih

  • 10 buah cabai rawit, mungkin lebih sesuai selera anda

  • Sedikit garam


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT RESEP UNTUK MEMBUAT TAHU GEJROT:


  • Goreng tahu hingga berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.

  • Bumbu adalah: Kasar semua bahan bumbu sampai merata.

  • Bumbu: Rebus gula merah dan air sampai mendidih, tambahkan air asam jawa, kecap manis dan garam, sesuaikan rasa. Rebus hingga agak mengental, angkat, tiriskan dan sisihkan.

  • Penyajian: Potong tahu dan letakkan di piring, tambahkan bumbu dan kaldu lalu sajikan.


Tips Tambahan Memilih Tahu Gejrot


Tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Tahu Gejrot adalah mengiris bawang merah dan bawang putih sebelum ditumbuk agar lebih mudah di uleg dan lebih cepat halus.


Untuk menghemat waktu, saat menggoreng tahu, manfaatkan dengan merebus kuah di atas kompor berbeda. Saat membeli tahu, pilih yang berwarna segar dan tidak berlendir, pilih tahu dengan cara mencium aromanya, tahu yang baik tidak berbau asam atau menyengat.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Lebih baru Lebih lama
close